PENGERTIAN E-MARKETING, KASUS DALAM E MARKETING DAN BAGAIMANA KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN GLOBAL
I.
PENDAHULUAN
Konsep menjual di
internet sebenarnya tak ubahnya dengan bisnis offline (konvensional) seperti
pada umumnya, yakni Anda bisa menjual apapun macam dan jenis produk yang ada di
dunia offline. Perbedaan paling kentara di sini adalah bisnis internet
ditunjang dengan media komunikasi bernama internet yang memungkinkan orang bisa
berinteraksi di seluruh dunia walau tanpa bertatap muka sehingga pangsa pasar
tidak dibatasi oleh wilayah dan waktu. Namun mungkin fikiran kita selama ini
“tercemari” oleh iklan-iklan yang beredar di internet, terutama yang sering
kita jumpai di situs-situs lokal, bahwa bisnis internet itu
hanya jualan ebook ataupun produk-produk digital sejenis sehingga mempengaruhi
pola pikir seseorang dan membuat kesan yang bisa dijual di internet hanya
itu-itu saja. Memang kita tidak dapat menyangkal bahwa untuk urusan internet
marketing Indonesia adalah negara paling ramai sedunia dalam
keyword tersebut, ini menunjukkan peminat pola pemasaran ini begitu besar di
negeri ini yang memang berpenduduk besar. Dan juga peminat produk-produk
demikian memang banyak, apalagi topiknya seputar make money online.
Selain itu, memasarkan produk-produk digital memang tidak membutuhkan biaya
marketing yang besar karena tidak terpotong biaya transportasi dan segala hal
yang membebani. Meskipun begitu, saya yakin di tahun-tahun mendatang Indonesia
akan memunculkan program dan produk berkualitas yang lebih beragam dan
berkualitas.
Internet Marketing atau e-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk
melakukan marketing suatu produk atau jasa melalui
atau menggunakan media Internet atau jaringan www.
Kata e dalam e-marketing ini berarti elektronik (electronic) yang artinya
kegiatan marketing yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet
atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun
ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya:
e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang
beranggapan bahwa marketing Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan
mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar.
Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet
adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang
hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.
Kegiatan marketing
Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan
pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan
kalimat-kalimat marketing atau copywriting.
Marketing internet atau e-marketing ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan
desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi
perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat
e-surat (email advertising), marketing afiliasi (affiliate marketing),
advertensi interaktif (interactive advertising), dll.
II.
LANDASAN TEORI
Marketing menurut Armstrong dan Kottler
(2004:74) adalah yang bisa diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi
pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk
mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui
internet.
Menurut American Marketing Association
yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan
dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi.
Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan
hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini
marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas
marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan
fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing
dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).
Menurut Boone dan Kurtz (2005)
e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus
oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan
penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui
peralatan digital lain.
Strauss dan Frost (2001) e-marketing
adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan
pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan
pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
Keuntungan yang
dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan
menurut Jamal (1996:18) yaitu:
·
Mampu menjangkau
berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
·
Target adalah
konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
·
Transaksi binis
secara elektronik dan dengan biaya yang rendah. E-mail dan data files dapat
dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan
detik.
·
Jalur proses
penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur
distribusi klasik.
·
Dapat menambahkan
produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana
penjualan dengan sangat cepat.
·
Dapat melacak
kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang
didapat.
·
Dapat mengawasi
pesaing.
·
Menciptakan dialog
antara perusahaan dengan konsumen.
·
Dapat
mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file
transfer.
Email marketing adalah suatu cara promosi online dengan
memanfaakan layanan email sebagai medianya.
Email
marketing biasanya digunakan untuk mempromosikan produk/jasa bisnis online.
Meskipun demikian , email marketing juga bisa diterapkan untuk sarana pemasaran
di dunia bisnis offline.
Email
marketing sebenarnya bukanlah cara baru untuk dijadikan sebagai media promosi
atau pemasaran. Karena sudah sejak lama email diperankan sebagai pembawa pesan
promosi kepada inbox email calon konsumen. Meskipun demikian, metode ini tetap
terbukti ampuh sebagai sarana promosi.
III.
ANALISIS
KASUS
BINIS INTEL CORP MELALUI INTERNET MARKETING
Beberapa persoalan yang
muncul dalam perusahaan inteldalam usaha pemasarannya melalui
internet :
· Masalah
pertama adalah masalah kerahasiaan (confidentiality) pesan. Kita harus
berasumsi bahwa setiap kali kita mengirim pesan di Internet, seperti halnya
kita menggunakan media kartu pos dimana semua orang dapat membacanya. Tentu
kita tidak ingin orang yang tidak berkepentingan membaca pesan yang kita
kirimkan itu.
· Masalah
kedua adalah bagaimana cara agar pesan yang kita kirimkan itu keutuhannya (integrity)
sampai ke tangan penerima atau konsumen Intel. Di Internet, orang lain dapat
mengubah isi pesan yang kita kirimkan itu, atau mengganti (sama) sekali pesan
itu.
· Masalah ketiga adalah
keabsahan (authenticity) pelaku transaksi.Bagaimana pembeli produk Intel dapat yakin
dengan otentikasi Intel Corp. Sebagai ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari
kita dapat dengan mudah melakukan proses otentikasi terhadap kedua orang tua
kita dengan cara melihat muka mereka, atau bahkan cukup dengan suara mereka
saja.
· Masalah keempat adalah keaslian pesan agar
bisa dijadikan barang bukti. Konsumen atau pelanggan Intel Corp tentu tidak
ingin kalau (tiba-tiba) ditagih oleh bank untuk pembelian perangkat lunak yang
tidak pernah dibelinya, meskipun bank mengaku menyimpan data transaksi
tersebut. Di sisi lain jika ternyata sang konsumen memang beli produk perangkat
lunak tersebut, harus ada mekanisme tertentu sehingga konsumen tidak dapat
menyangkal bahwa dia telah membeli produk atau perangkat lunak tersebut.
Sistem perdagangan di Internet yang dimaksud di sini adalah sistem perdagangan di Internet dimana konsumen berinteraksi secara langsung dengan sistem perdagangan tersebut (consumer based Internet commerce). Lebih spesifik lagi, pada tugas akhir ini penulis hanya meneliti transaksi yang menyangkut jual beli barang atau jasa serta kegiatan men-transfer dana. Penelitian tidak dilakukan terhadap transaksi jual beli saham, obligasi, atau sertifikat danareksa kepada nasabah. Penggunaan Internet sebagai media komunikasi dan bisnis (corporate based Internet business communication, misalnya dengan virtual private networkatau EDI over Internet) tidak dibahas dalam tugas akhir ini. Sistem-sistem perdagangan di Internet (SPI) berusaha untuk menyediakan sarana perdagangan di Internet yang mengatasi masalah-masalah keamanan tersebut.
Hingga awal tahun 1990-an, para
pengusaha-pengusaha perusahaan hanya mengenal surat kabar, tabloid, majalah,
radio, televisi dan bioskop, selain media luar ruang sebagai sarana beriklan.
Di antara media ini, televisi merupakan media terbesar yang meraup dana iklan.
Namun, seiring dengan makin meningkatnya kemajuan teknologi komputer yang
antara lain dipelopori Intel Corp dan ditemukannya World Wide Web,
sebuah sistem jaringan lebar (network-wide) hypermedia, peta
periklanan dunia mulai berubah. Web merupakan media yang lebih
mudah yang pernah ada bagi kepentingan bisnis untuk menyebarkan informasi dan
meraih pelanggan dalam dunia Internet. Dengan membuat sebuah home
page di dalam Web, Intel Corp dapat lebih mempermudah dan
mengefektifkan komunikasi pemasaran melalui Internet dan mengirimkan pesan
mereka ke seluruh dunia layaknya sebuah billboard raksasa di
sebuah jalan tol informasi (information superhighway).
Dalam hal ini konsumen atau
pelanggan potensial yang tertarik terhadap pesan yang ada di situs Web Intel
Corp dapat memperoleh informasi produk atau jasa tertentu lebih jauh hanya
dengan berpindah dari satu layar ke layar lain dengan mudahnya. Inilah yang
disebut dengan Internet Advertising atau biasa disingkat “I-Advertising”
yang kini dikembangkan oleh Intel Corp dan secara harfiah dapat diterjemahkan
menjadi periklanan atau beriklan di internet. Ada beberapa model periklanan di
internet. Pertama, periklanan pasif. Disini pengiklan menempatkan informasi
pemasaran dan periklanan di situs web mereka dan mengundang pelanggan potensial
untuk masuk ke dalamnya dan memperoleh informasi secara cuma-cuma. Pengkomunikasian
situs web dilakukan dengan cara memberikan alamat web
perusahaan tersebut pada merchandising mereka.
Model yang kedua adalah pemasangan iklan pada situs web yang banyak dikunjungi oleh users. Seperti halnya media tradisional, pengiklan mendapatkan keuntungan dari banyaknya kunjungan ke situs web tempat pemasangan iklan. Bila pengunjung tertarik pada gambar yang ditampilkan pada banner iklan, maka diharapkan pengunjung situs tersebut akan merespon dengan mengklikbanner dan surfing pada website pengiklan.
Model yang kedua adalah pemasangan iklan pada situs web yang banyak dikunjungi oleh users. Seperti halnya media tradisional, pengiklan mendapatkan keuntungan dari banyaknya kunjungan ke situs web tempat pemasangan iklan. Bila pengunjung tertarik pada gambar yang ditampilkan pada banner iklan, maka diharapkan pengunjung situs tersebut akan merespon dengan mengklikbanner dan surfing pada website pengiklan.
Jenis-jenis iklan di internet pun beragam, dan
bahkan, sejauh bentuk yang diinginkan oleh pengiklan dapat diakomodasi secara
teknis, maka iklan tersebut dapat diwujudkan. Dengan biaya yang sangat murah,
iklan dilihat oleh target audience yang berkualitas
(berpendidikan tinggi, penghasilan menengah keatas) dan jangkauannya sangat
luas (dalam dan luar negeri). Keefektifan Iklan di Internet yang secara khusus
dilakukan Intel menunjukkan bahwa web advertising lebih
efektif apabila dibandingkan dengan traditional advertising, maka
keuntungan yang diperoleh Intel Corp adalah :
1.
Mencapai high quality customers,
dinama web surfer pada umumnya berasal dari high
income earners, educatedperson, technologically savvy.
2.
Konsumen yang benar-benar terfokus (targetted
customers).
3.
Dengan menempatkan iklan atau promosi pada
halaman Internet yang spesifik, maka perusahaan akan mencapai konsumen secara
lebih spesifik.
4.
Iklan dapat termonitor
dengan program khusus.
Seperti
yang dikemukakan pengamat, iklan dalam Internet memang lebih efektif bila
dibandingkan dengan media tradisional. Hanya saja, untuk konsumen atau
pelanggan dari Intel Corp – pemahaman I-Advertising harus
lebih dikomunikasikan, karena masih banyak perusahaan yang belum memahami
pentingnya Internet sebagai sarana promosi dan komunikasi perusahaan.————————-
Komunikasi Bisnis dan Rangsangan Visual
Beberapa
pertimbangan dan analisa yang harus dilakukan CEO Intel Corp dalam
mengaplikasikan Internet Marketing dalam manajemen pemasaran Intel Corp.
Halaman muka site, yang merupakan bagian site yang paling penting untuk
mengkomunikasikan pada calon pembeli atau konsumen apa yang ditawarkan dalam
layanan atau produk Intel Corp. Apa yang akan mereka temukan, serta kemudahan
apa yang menyebabkan mereka harus tinggal lebih lama dari lima detik di dalam site.Belakangan
ini dengan semakin menjamurnya jumlah site, dan industri pesaing
komputer maka perhatian orang dapat terbentang paling lama dalam jangka waktu
sepuluh detik saja. Kadang otak seseorang menjadi sangat malas dan membutuhkan
bantuan untuk men-stimuli tangan menggerakkan mouse menjalajahi
suatusite. Manajer pemasaran Intel Corp harus dapat menjelaskan paranewcomer menawarkan
produk dan isi dari site, tunjukkan sesuatu untuk tetap
mempertahankan interest terhadap navigasi site dan
menggenggam perhatian mereka, misalnya dengan memutuskan untuk membuat sebuah site penjualan
merchendise perangkat (lunak atau keras) komputer produk Intel Corporation. Apa
yang dapat menarik perhatian calon konsumen atau pelanggan ke site tersebut?
Tentu saja sebuah icon atau tampilan yang bisa menarik
(menjadi daya tarik). Seorang bintang film yang cantik atau tampan mungkin
dengan anggunnya mengenakan T-Shirts MU yang elegan dan
tulisan “Gratis sebuah Kostum Original David Beckham setiap pembelian
separangkat komputer lengkap Intel Corp”. Atau dengan “Welcome to Intel Corporation ”
atau bahkan bila “Get to Meet David Beckham” dan sebuah quote “We can beat
anybody, remember We’re the Treble Winners” dibawahnya.Manajer pemasaran Intel
Corp ingin pengunjung merasakan berada di sebuah tanah ManUtd, dan hal yang
selanjutnya yang ingin mereka dapatkan adalah “Gratis – Gratis dan Gratis”
Dalam satu jangkauan klik mouse. Oleh karenanya atraksi visual selanjutnya
adalah navigasi anda yang efektif membagi buttonmenarik untuk di
klik.
Pengunjung
akan bergerak kepada informasi tentang apa yang akan anda tawarkan atau daftar
produk anda. Secara efektif akan menuntun pengunjung tanpa disadarinya
menjalajahi site dan bahkan berniat untuk berkunjung sekali
lagi karena site sering diperbaharui secara daily
basis. Ikon sangat mudah menarik perhatian pengunjung serta mengajak mereka
untuk tetap membaca isi site. Apabila CEO Iintel Corp merasa judul
kepala kurang menarik, coba perkuat dengan sebuah image.
Tampilan Iklan
Penataan iklan yang terkadang
berlebihan menyebabkan pengunjung merasa terganggu oleh keberadaan mereka,
sehingga bukannya mengklik iklan tersebut (yang mendatangkan keuntungan tentu
saja untuk anda) mereka cenderung untuk keluar dari site. Namun
iklan dapat kita gunakan untuk menarik perhatian pengunjung. Iklan kecil dan
berwarna sebagai pengganti tulisan Yahoo! adalah contoh menarik pada website
Yahoo! Kecil dan fast loading namun sangat menarik perhatian.
Visibilitas navigasi juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan iklan kecil.
Image ini dapat ditempatkan di daerah mana saja untuk menjaga pengunjung tetap
di Hot Area.
Selain
itu Manajer Marketing atau desain web Intel Corp selayaknya
menjaga surfers untuk tetap senang, fokus, dan tertarik. Orang
cenderung tidak membaca berton-ton tulisan, mereka membaca sesuai keinginan
mereka, hanya jika sesuatu menyalakan pikiran mereka. Suatu fakta bahwa orang
cenderung melihat gambar yang representatif yakni gambar senyum David Beckham
yang akan membuat hidup mereka komplit. Oleh karena itu pastikan anda
memberikan apa yang mereka inginkan, karena begitu kebutuhan mereka terpenuhi
mereka takkan segan membaca kelanjutan dari senyum David Beckham secara teks
base. Apabila manajer pemasaran Intel Corp dapat secara berkelanjutan
menyajikan isi yang berkualitas berarti sudah unggul selangkah dalam
persaingan bisnis internet
Saran:
Batasi penggunaan button terutama
dari segi warna dan ukuran, karena itu akan menarik perhatian pengunjung pada buttontersebut
bukan kepada apa yang ada di baliknya. Navigasikan sesuai keinginan pengunjung
serta ketertarikan untuk tetap meng-click. Jangan paksa pengunjung,
seperti yang banyak digunakan site-site yang menawarkan seks dan software
illegal.
Ada
berbagai jenis navigasi untuk anda pakai pada sebuah site. Memilih yang paling
tepat perlu anda perhatikan. Dengan sebuah navigasi sederhana, simple, menarik,
menyenangkan, beranimasi, fun dan lain-lain. Tetapi yang
penting adalah menggunakan navigasi yang benar untuk jenis website yang
dikembangkan. Sebuah perusahaan multimedia mengembangangkan sebuah sistem
navigasi bagi site-nya dengan sangat interaktif dengan animasi pada
setiap elemennya serta suara yang menakjubkan. Navigasi yang sangat sesuai denganimage yang
mereka tawarkan yakni sebuah perusahaan multimedia dengan ekspresi hi-tech mutakhir,
mengkomunikasikan bagaimana interaktivitas terwujudkan melalui media mereka.
tetapi bagaimana jika yang anda tawarkan adalah sebuah site tentang
mesin pemotong jagung dengan pasar anda adalah petani yang mungkin baru saja
bersentuhan dengan internet semasa hidupnya, seberapa menarik kiranya rollover bagi
mereka? Ide utama apa yang akan
ditawarkan bagi meraka para petani itu untuk tetap berada di site anda.
Ingatlah
bahwa keinginan untuk tetap bernavigasi adalah yang hendak kita capai. Memasang
gambar indah tanpa guna hanya akan mengemudikan pengunjung keluar dari isi yang
kita hendak jaga. Sederhana saja yang petani itu inginkan adalah jenis dan
kemampuan mesin pemotong rumput tersebut serta harga dan kemudahan yang mereka
peroleh dari produk anda. Gunakan ikon seperlunya, yang bahkan tak perlu
tulisan untuk mengenalinya, seperti gambar telpon untuk sebuah telephone, atau
penunjuk arah untuk mencari sesuatu, dll.
Semakin
besar site yang dikelola maka sebaiknya semakin kecil ukuran
dan gambar yang ditempatkan karena semakin lambatloading sebuah
halaman semakin besar potensi perginya calon kosumen. Site yang berkualitas
lebih mementingkan ‘isi’ dari pada ‘desain’, kata kunci bagi navigasi
site besar adalah cepat, mudah, dan nyaman. Dapatkan masukan dari
temen, nenek, bahkan kucing anda, sebab masukan dari mereka cenderung lebih
obyektif dan baik sebab pengunjung seperti merekalah yang akan mengunjungi site
anda, bukan anda.
Pertahankan
sistem navigasi yang berulang dan tidak berubah setiap pindahan halamannya,
bayangkan navigasi yang kadang di kanan kadang di kiri dan kadang di atas,
mengerikan bukan? Bila link ditempatkan di tempat yang sama di keseluruhan site
user akan mudah mengidentifikasikan kemana harus meng gerakkan mouse mereka
saat hendak terus membaca. Apabila CEO Intel merancang hal se-simple ini
bagi seorang klien dan mereka tidak menyetujui, maka CEO Intel bisa menjelaskan
pada mereka . Sebab web telah penuh dengan site dengan
navigasi buruk.
Bagi
banyak perusahaan, pemimpin perusahaan dan manajer pemasaran (seperti manajer
pemasaran Intel Corp) menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk mencapai
quota penjualan mereka. Namun kebanyakan dari mereka, walaupun sudah memiliki
situs web korporat, namun kurang menyadari pentingnya promosi melalui bantuan
situs pencari. Walaupun 86% dari mereka sering mencari informasi
melalui situs pencari. Dan kalau ditanya ke para penerbit majalah, para ahli
riset, wartawan, pelajar serta mahasiswa, pasti kebanyakan dari mereka sekarang
memanfaatkan media online ini untuk melengkapi bahan mereka di media offline.
Namun fakta-fakta yang dipaparkan ini memperlihatkan hal ini merupakan salah
satu strategi promosi bisnis yang sangat efektif ditinjau ROI dari investasi
yang dikeluarkan dan layak dimasukkan ke dalam bagian “marketing mix“. Cyber
Atlas (sebuah lembaga analis pasar) melaporkan : 24 persen dari
bisnis maya yang disurvei menyatakan bahwa mayoritas dari pengunjung mereka
berasal dari bantuan promosi situs pencari, yang artinya ¾ dari mereka
mendapat manfaat dari hasil optimisasi situs pencari. Itulah sebabnya jika
situs webIntel.Corp tidak dioptimisasi maka Intel.Corp kehilangan
peluang untuk menarik pengunjung yang “targeted” ini. Kemudahan,
kecepatan dan informasi yang relevan. Sekarang coba perhatikan rata-rata dari
waktu yang konsumen gunakan untuk mencari suatu informasi di situs pencari
maupun director web. Link dalam bentuk teks yang menempati suatu
posisi atas di suatu situs pencari utama dapat mendatangkan kunjungan yang
bersifat “targeted” ke situs Anda, yang dapat mendatangkan prospek dan
akhirnya menjadi customer dari Intel Corp. Posisi yang bagus
memang khususnya sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang menjual
produk-produk dalam bentuk elektronik misalnya perangkat lunak. Namun
sebenarnya bisnis apa pun dapat memperoleh manfaat yang serupa dari strategi
pemasaran ini yang akan membantu memperpendek siklus penjualan Anda.
SOLUSI
SEO (Search Engine
Optimization) adalah perpaduan antara seni dan sains. Dan ini membutuhkan
kegigihan dan ketekunan, karena melakukan SEO itu cukup kompleks dan
menghabiskan waktu. Namun dalam memasukkan SEO menjadi bagian dari “marketing
mix” di perusahaan sehingga dapat membantu dalam memenej sebuah perusahaan.
Manfaat
SEO
Situs
pencari adalah perangkat pemasaran yang ampuh layaknya suatu direktori bisnis
offline saja seperti halnya yellow pages. Sangat efektif karena
sifat pengunjung adalah “targeted“. Prospek yang berkunjung ke
situs Intel Corp adalah karena mereka dengan aktif mencari informasi yang
mereka butuhkan mengenai produk dan jasa Intel.Corp. Jadi mereka sudah
punya motivasi yang bagus apalagi ditambah setelah mereka mendarat di situs web
perusahaan Intel.Corp. SEO merupakan teknik pemasaran yang sangat
terjangkau ditinjau dalam segi biaya. SEO bisa menjadi sarana membangun merek
yang pada saat yang sama mendatangkan pengunjung ke situs web Intel.Corp.
Efektivitas
dari Link berupa teks pada situs pencari melebihi iklanbanner dengan
perbandingan 3:1 (tiga banding satu), demikian diberitakan oleh NPD Group. SEO
dapat menghasilkan tingkat konversi prospek kepada customer yang
cukup tinggi. Hasil dari analisa log file memperlihatkan bahwa
para pengunjung yang datang melalui bantuan promosi situs pencari memiliki
potensi lebih banyak dalam mendatangkan transaksi bisnis, registrasi dan
download dari suatu perangkat lunak dibandingkan dari iklan banner, namun
bersaing dengan email marketing berbasis Opt-In.
Intel.Corp,
adalah perusahaan penyedia solusi sistem globalisasi, yang mendapatkan
kontribusi penjualan melalui strategi SEO dan mendapatkan klien dari
perusahaan-perusahaan besar berbasis multinasional walaupun hanya memiliki tim
penjualan yang terbatas namun didukung oleh strategi pemasaran yang efektif.
Bahkan beberapa kontrak bisnisnya bernilai enam angka dalam satuan dolar
Amerika. Proyeknya berupa pengintegrasian situs-situs web, intranet dan
ekstranet demi kemudahan para staf, klien dan mitra bisnis di seluruh
dunia. Strategi SEO yang dilakukan perusahaan ini termasuk meluncurkan
banyak situs penjualan yang kemudian dioptimisasi untuk situs pencari. Hal ini
memang sangat bermanfaat, mengapa? Karena beberapa direktori web hanya akan
memasukkan halaman utamanya saja. Dengan lebih dari satu produk yang
dijual, kemudian membuat banyak situs web untuk masing-masing produk merupakan
strategi yang bagus untuk meningkatkan visibilitas di Internet demi
meningkatkan penjualan. Tantangan bagi Intel Corp adalah bagaimana
melakukan ekspansi pemasaran ke dunia internet tanpa meningkatkan biaya untuk
mengkonversi prospek menjadi kastemer. Kemudian perusahaan ini
membandingkan tiga strategi pemasaran online, yaitu: Iklan banner, direct mail
dan SEO. Sebelum melakukan SEO, data pada log file menunjukkan hanya 4
persen dari para pengunjung berasal dari situs pencari yang akhirnya hanya
memberikan kontribusi penjualan kurang dari 1 persen. Kemudian dalam waktu enam
bulan setelah melakukan SEO, 24 persen dari penjualan online DC
ProDirect berasal dari para pengunjung yang datang dari situs pencari.
Berdasarkan perbandingan tiga media promosi yaitu iklanbanner, direct
mail dan SEO, perusahaan tersebut mendapati bahwa SEO memberikan rasio
penjualan lebih tinggi secara dramatis. SEO merupakan strategi pemasaran yang sangat
efektif.
IV. REFERENSI
Boone, L.E. & Kurtz, D.L. 2005. Contemporary
Marketing 2005. USA : Thomson South-Western.
Brad, Kleindl and James, L., Burrow. 2005. E-commerce
Marketing, Lakewood. Ohio: Top Floor.
Kotler, Philip, dan
Gary Amstrong. 2004. Dasar-dasar
Pemasaran, Edisi Kesembilan, Jilid 2, dialihbahasakan oleh Alexander Sindoro,
Jakarta : Indeks.
Strauss, Judy &
Frost, Raymond. 2001. E-Marketing 2nd Edition. United States:
Pretince Hall.
http://anggiariany.blogspot.com/2015/12/makalah-tentang-e-marketing.htmlhttps://forumkuliah.wordpress.com/2009/01/23/studi-kasus-bisnis-intel-corp-melalui-internet-%E2%80%93-marketing/
Comments
Post a Comment