ANALISIS JURNAL PENELITIAN MENGENAI KASUS PEMASARAN GLOBAL KOMPILASI HASIL PENELITIAN E-MARKETING


I.                   PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat membawa dampak perubahan terhadap segala bidang kehidupan. Kemajuan teknologi dewasa ini membawa kita kepada dunia global termasuk dibidang informasi. Globalisasi informasi dewasa ini tidak lagi hanya diartikan sebagai arus komunikasi massa dalam arti sekedar penyebarluasan siaran tekevisi dan hiburan saja, namun sudah mencakup perluasan arus informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendorong perluasan cakrawala informasi dan wawasan manusia.

Aplikasi web yang dihasilkan dapat memberikan kemudahan dalam penyebaran data dan informasi yang dimiliki oleh sebuah organisasi baik organisasi profit maupun non profit, dalam bidang pertanian, aplikasi web dapat digunakan dalam memberikan data dan informasi tentang bertanam tanaman organik.
Dalam melakukan proses pemasaran e-commerce produk pertanian, web content manajemen sistem dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam menyampaikan informasi produk-produk dalam bidang pertanian, sehingga keterbatasan dalam melakukan transaksi penjualan produk produk pertanian dapat teratasi, dan dapat menciptakan sistem penjualan yang lebih efektif, efisien dan dapat meningkatkan pelayanan pelanggan dalam melakukan pemesanan melalui web dengan membuat sistem penjualan berbasis web yang akan membantu efisiensi dan efektivitas kerja.

II.                LANDASAN TEORI
Dalam soekartawi 2007, ada tiga aktor dalam mekanisme e-commerce atau e-agribusiness yaitu peran produsen, peran konsumen, dan peran media. Dalam alur sistem e-commerce bahwa peran produsen memberikan informasi mengenai jenis-jenis produk yang dijual, kemudia memberikan informasi detail mengenai produk yang dijual, dari harga, kualitas, ukuran, cara pengiriman barang, berapa hari barang di kirim, sampai dengan cara pembayarannya.

III.             ANALISIS
“Sistem Pemasaran E-commerce produk pertanian berbasis web content manajemen system”

Hypertext Markup Language (HTML)
Merupakan bahasa yang digunakan untuk menampilkan informasi di dalam sebuah browser web berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan informasi yang di butuhkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka menggunakan browser web seperti mozilla firefox maupun goole chrome.

Database
Merupakan kumpulan field – field yang saling berhubungan yang disimpan secara sistematis dalam komputer yang dapat diakses meggunakan program tertentu untuk memperoleh informasi yang diinginkan.

Content management system
Merupakan sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis.

Pemanfaatan e-commerce dalam memasarkan produk hasil pertanian sangat besar manfaatnya dalam pengembangan usaha home industri yusra, produk hasil pertanian yang dihasilkan dapat dipasarkan dengan jangkauan yang luas, dan tidak membutuhkan biaya yang besar, sehingga terjadi efisiensi dalam proses distribusi.

Dalam melakukan pemilihan aplikasi web content manajemen system perlu diperhatikan fungsi dan tujuan dari pembuatan e-commerce, sehingga aplikasi toko online yang dihasilkan dapat bermanfaat dan dapat dilakukan pengembangan secara terus menerus dan berkesinambungan , dan toko online pun dapat berjalan dengan efektif.

IV.              REFERENSI
Buku :
Guritno, S. Sudaryono dan Rahardja, Untung. 2011. Theory and application of it research, Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi offset.

 Hakim, Lukman. 2010. Bikin Website super kerem dengan PHP dan Jquery. Yogyakarta : Lokomedia.

 Simarta, Janner. 2010. Rekayasa Web, analisis dan desain sistem, rekayasa informasi, rekayasa hypermedia, interaksi manusia dan komputer rekayasa kebutuhan, data mining, manajemen proyek. Yogyakarta : Andi Offset.
Zaki, Ali, dan Comunity SmitDev. 2008. 7 Cms Pilihan untuk Internet Marketing. Jakarta : Gramedia.

Jurnal Nasional :

  Suratno, Tri. . “Sistem Pemasaran E-commerce produk pertanian berbasis web content manajemen system”. Jurnal Agribisnis : Universitas Jambi.



Comments

Popular posts from this blog

Pendekatan Sistem Pada Koperasi

Manajemen Keuangan dan Permodalan Koperasi

Norma Moral dan Etika dalam bisnis global