PILIHAN STRATEGIS DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL, EKSPOR, LISENSI, USAHA PATUNGAN, STRATEGI PERLUASAN PASAR, PENENTUAN POSISI PASAR


I.                   PENDAHULUAN
Bagaimana menjalankan roda bisnis di pasar-pasar internasional ? yakni, apakah akan mengekspor,merundingkan suatu pemberian lisensi atau pertanian waralaba, mendirikan usaha patungan, atau mendirikan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya. Meskipun secara prinsip pilihan pasar dan cara masuk merupakan keputusan yang terpisah, karakteristik khusus negara dan juga jalan masuk pasar internasional serta strategi ekspansi akan berdampak pula atas pilihan cara masuk.

II.                TEORI
PILIHAN STRATEGIS DALAM MEMASUKI :
·         PASAR GLOBAL
Pasar global adalah pasar yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha yang sudah berskala dunia atau biasa juga disebut dengan pasar internasional.
Pasar global merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat luas dan lebih merata. Pasar global adalah pilihan strategis yang menarik bagi perusahaan, akan tetapi bukanlah sumber daya strategi satu-satunya.

·         EKSPOR
Menurut Punan (1996) Ekspor adalah mengeluarkan barang dari dalam ke luar daerah pabean Indonesia dengan memenuhi ketentuan berlaku.

Menurut Curry (2001) Ekspor adalah barang dan jasa yang dijual kepada negara asing untuk ditukarkan dengan barang lain ( Produk, uang).

Menurut Winardi (1992) pengertian Ekspor adalah barang-barang (termasuk jasa-jasa) yang dijual kepada penduduk Negara lain, ditambah dengan jasa-jasa yang diselenggarakan kepada penduduk Negara tersebut berupa pengangkutan permodalan dan hal-hal lain yang membantu eskpor tersebut.

·         LISENSI
Menurut PH Collin (2004) Lisensi adalah suatu perjanjian untuk memberikan hak milik ataupun hak istimewa kepada seseorang untuk melakukan produksi dan menggunakan sesuatu.
Manfaat Lisensi bagi penerima lisensi yaitu mereka dapat menggunakan merek pemberi lisensi dengan aman dan legal, sehingga penerima lisensi bisa menjalankan usahanya secara lancar terlebih jika merek yang digunakan sudah sangat terkenal dan memiliki reputasi yang baik di mata konsumen maka akan mendapatkan banyak keuntungan dalam menjalankan usahanya.

·         USAHA PATUNGAN (Joint Venture)
Joint venture merupakan istilah dari kontrak patungan atau sebuah terjemahan dari joint venture contract. Dimana hal ini telah diatur oleh pemerintah kita dalam undang-undang No. 9 Tahun 1995 tentang sebuah usaha kecil yang disebut juga sebagai perjanjian kemitraan.

·         STRATEGI PERLUASAN PASAR
Upaya yang dilakukan ketika apsar lama sudah jenuh, stabil, maka bisa melakukan upaya untuk membuka di pasar yang baru. Pengembangan pasar merupakan nama yang diberikan kepada suatu strategi pertumbuhan, di mana unit bisnis berusaha untuk menjual produk-produk yang telah ada di pasar-pasar yang baru.

·         PENENTUAN POSISI PASAR
Adalah penempatan merek dan produk kita dibenak konsumen Philip Kotler, gurunya marketing mengatakan :
“ the act of designing the company’s offering and image to occupy a distinctive place in the target customers, benefits and prices.

III.             ANALISIS
CONTOH PILIHAN STRATEGIS DALAM MEMASUKI :
A.    PASAR GLOBAL
Pasar bebas ASEAN (ASEAN ECONOMIC COMMUNITY), APEC, AFTA, dan GATT.
Negara-negara di Eropa dalam menyikapi pasar global yaitu dengan menumbuhkembangkan dan meningkatkan kelompok usaha kecil dan menengah. Kebijakan untuk lebih memusatkan arah pandangan ke usaha kecil dan menengah (UKM) telah menjadi kecenderungan waktu itu, di mana semakin banyakya dan meratanya peranan UKM tersebut, maka dinamika perekonomian akan lebih cepat meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas dengan lebih merata.
B.     EKSPOR

C.    LISENSI

OEM (Original Equipment Manufacturer) Lisensi ini biasanya terdapat pada sistem operasi windows. Lisensi ini tertanam di dalam mesin/PC. Contoh : misalkan kamu membeli leptop baru dengan windows pre-installed maka lisensinya hanya berlaku pada laptop itu saja, alias tidak dapat dipindah ke laptop lain.

D.    USAHA PATUNGAN (Joint Venture)

PT ISTW adalah perusahaan Joint Venture Indonesia-Jepang yang memproduksi pipa Galbani. Produk-produk yang dihasilkan memenuhi syarat SNI 07 0039 dan juga dipakai untuk keperluan proyek-proyek penting milik PDAM dan PLN.

E.     STRATEGI PERLUASAN PASAR
1.      Maskapai penerbangan JetBlue menambahkan puluhan rute baru.
2.      Produk Unilever yang biasanya terus menerus mengganti isi pepsodent beserta kemasannya agar selalu tampil baru dan segar.
3.      Makro, Alfa, Holland Bakery, Matahari dan berbagai perusahaan lainnya, membuka gerai baru di berbagai lokasi.

F.     PENENTUAN POSISI PASAR
Lifebuoy mengatakan sebagai sabun kesehatan, maka artinya ia sedang membangun kepercayaan kepada setiap pelanggan bahwa sabun tersebut memang benar-benar untuk kesehatan. Untuk membangun kepercayaan tersebut Lifebuoy akan tetap setia dengan posisi yang dinyatakannya.

IV.             REFERENSI
BUKU :

Collin, P.H dan Ivanovic A. 2004. Dictionary Of Marketing. Third Edition. United States Of America: Bloomsbury Publishing Plc.

Curry. 2001. The Logic of Collective Action.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid I. PT Indeks : Jakarta.
Punan, Beri SH. 1996. Teknik dan Strategi Bisnis Ekspor di Indonesia. Jakarta : Yayasan Pustaka Nusantara.
Winardi. 1992. Pengantar Teori Ekonomi. Capita Selecta
 Undang-undang No. 9 Tahun 1995 tentang sebuah usaha kecil yang disebut juga sebagai perjanjian kemitraan.

INTERNET :





Comments

Popular posts from this blog

Pendekatan Sistem Pada Koperasi

Manajemen Keuangan dan Permodalan Koperasi

Norma Moral dan Etika dalam bisnis global