PILIHAN STRATEGIS DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL, EKSPOR, LISENSI, USAHA PATUNGAN, STRATEGI PERLUASAN PASAR, PENENTUAN POSISI PASAR
I.
PENDAHULUAN
Bagaimana
menjalankan roda bisnis di pasar-pasar internasional ? yakni, apakah akan
mengekspor,merundingkan suatu pemberian lisensi atau pertanian waralaba,
mendirikan usaha patungan, atau mendirikan anak perusahaan yang dimiliki
sepenuhnya. Meskipun secara prinsip pilihan pasar dan cara masuk merupakan
keputusan yang terpisah, karakteristik khusus negara dan juga jalan masuk pasar
internasional serta strategi ekspansi akan berdampak pula atas pilihan cara
masuk.
II.
TEORI
PILIHAN STRATEGIS DALAM MEMASUKI :
·
PASAR GLOBAL
Pasar
global adalah pasar yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha yang sudah berskala
dunia atau biasa juga disebut dengan pasar internasional.
Pasar
global merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat luas
dan lebih merata. Pasar global adalah pilihan strategis yang menarik bagi
perusahaan, akan tetapi bukanlah sumber daya strategi satu-satunya.
·
EKSPOR
Menurut
Punan (1996) Ekspor adalah mengeluarkan barang dari dalam ke luar daerah pabean
Indonesia dengan memenuhi ketentuan berlaku.
Menurut
Curry (2001) Ekspor adalah barang dan jasa yang dijual kepada negara asing
untuk ditukarkan dengan barang lain ( Produk, uang).
Menurut
Winardi (1992) pengertian Ekspor adalah barang-barang (termasuk jasa-jasa) yang
dijual kepada penduduk Negara lain, ditambah dengan jasa-jasa yang
diselenggarakan kepada penduduk Negara tersebut berupa pengangkutan permodalan
dan hal-hal lain yang membantu eskpor tersebut.
·
LISENSI
Menurut
PH Collin (2004) Lisensi adalah suatu perjanjian untuk memberikan hak milik
ataupun hak istimewa kepada seseorang untuk melakukan produksi dan menggunakan
sesuatu.
Manfaat
Lisensi bagi penerima lisensi yaitu mereka dapat menggunakan merek pemberi
lisensi dengan aman dan legal, sehingga penerima lisensi bisa menjalankan
usahanya secara lancar terlebih jika merek yang digunakan sudah sangat terkenal
dan memiliki reputasi yang baik di mata konsumen maka akan mendapatkan banyak
keuntungan dalam menjalankan usahanya.
·
USAHA PATUNGAN (Joint Venture)
Joint venture merupakan istilah dari kontrak patungan atau sebuah terjemahan dari joint venture contract. Dimana hal ini
telah diatur oleh pemerintah kita dalam undang-undang No. 9 Tahun 1995 tentang
sebuah usaha kecil yang disebut juga sebagai perjanjian kemitraan.
·
STRATEGI PERLUASAN PASAR
Upaya
yang dilakukan ketika apsar lama sudah jenuh, stabil, maka bisa melakukan upaya
untuk membuka di pasar yang baru. Pengembangan pasar merupakan nama yang
diberikan kepada suatu strategi pertumbuhan, di mana unit bisnis berusaha untuk
menjual produk-produk yang telah ada di pasar-pasar yang baru.
·
PENENTUAN POSISI PASAR
Adalah
penempatan merek dan produk kita dibenak konsumen Philip Kotler, gurunya
marketing mengatakan :
“
the act of designing the company’s offering and image to occupy a distinctive
place in the target customers, benefits and prices.
III.
ANALISIS
CONTOH PILIHAN STRATEGIS DALAM MEMASUKI :
A. PASAR
GLOBAL
Pasar bebas ASEAN
(ASEAN ECONOMIC COMMUNITY), APEC, AFTA, dan GATT.
Negara-negara di Eropa dalam menyikapi pasar global yaitu
dengan menumbuhkembangkan dan meningkatkan kelompok usaha kecil dan menengah.
Kebijakan untuk lebih memusatkan arah pandangan ke usaha kecil dan menengah
(UKM) telah menjadi kecenderungan waktu itu, di mana semakin banyakya dan
meratanya peranan UKM tersebut, maka dinamika perekonomian akan lebih cepat
meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas dengan lebih merata.
B. EKSPOR
C. LISENSI
OEM
(Original Equipment Manufacturer)
Lisensi ini biasanya terdapat pada sistem operasi windows. Lisensi ini tertanam
di dalam mesin/PC. Contoh : misalkan kamu membeli leptop baru dengan windows
pre-installed maka lisensinya hanya berlaku pada laptop itu saja, alias tidak
dapat dipindah ke laptop lain.
D. USAHA
PATUNGAN (Joint Venture)
PT
ISTW adalah perusahaan Joint Venture Indonesia-Jepang yang memproduksi pipa
Galbani. Produk-produk yang dihasilkan memenuhi syarat SNI 07 0039 dan juga
dipakai untuk keperluan proyek-proyek penting milik PDAM dan PLN.
E. STRATEGI
PERLUASAN PASAR
1.
Maskapai
penerbangan JetBlue menambahkan puluhan rute baru.
2.
Produk
Unilever yang biasanya terus menerus mengganti isi pepsodent beserta kemasannya
agar selalu tampil baru dan segar.
3.
Makro,
Alfa, Holland Bakery, Matahari dan berbagai perusahaan lainnya, membuka gerai
baru di berbagai lokasi.
F. PENENTUAN
POSISI PASAR
Lifebuoy
mengatakan sebagai sabun kesehatan, maka artinya ia sedang membangun
kepercayaan kepada setiap pelanggan bahwa sabun tersebut memang benar-benar
untuk kesehatan. Untuk membangun kepercayaan tersebut Lifebuoy akan tetap setia
dengan posisi yang dinyatakannya.
IV.
REFERENSI
BUKU :
Collin, P.H dan Ivanovic A. 2004. Dictionary
Of Marketing. Third Edition. United States Of America: Bloomsbury
Publishing Plc.
Curry. 2001.
The Logic of Collective Action.
Kotler,
Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen
Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid I. PT Indeks : Jakarta.
Punan, Beri
SH. 1996. Teknik dan Strategi Bisnis
Ekspor di Indonesia. Jakarta : Yayasan Pustaka Nusantara.
Winardi.
1992. Pengantar Teori Ekonomi. Capita
Selecta
Undang-undang No. 9 Tahun 1995 tentang sebuah
usaha kecil yang disebut juga sebagai perjanjian kemitraan.
INTERNET :
http://jukutbuangit.blogspot.com/2016/12/contoh-makalah-pasar-global_17.html?m=1
https://lindapermatablog.wordpress.com/2016/02/13/artikel-strategi-menghadapi-persaingan-pasar-global/
http://www.materionline.com/396/pengertian-jenis-manfaat-dan-contoh-lisensi/
https://www.google.co.id/amp/s/fumarolla.wordpress.com/2009/11/22/join-venture-di-indonesia/amp/
http://imuekonomisherly.blogspot.com/2015/09/stategi-pemasaran-disusun-untuk.html?m=1
https://www.google.co.id/amp/s/wiiranata.wordpress.com/2012/12/06/market-positioning/amp/
https://lindapermatablog.wordpress.com/2016/02/13/artikel-strategi-menghadapi-persaingan-pasar-global/
http://www.materionline.com/396/pengertian-jenis-manfaat-dan-contoh-lisensi/
https://www.google.co.id/amp/s/fumarolla.wordpress.com/2009/11/22/join-venture-di-indonesia/amp/
http://imuekonomisherly.blogspot.com/2015/09/stategi-pemasaran-disusun-untuk.html?m=1
https://www.google.co.id/amp/s/wiiranata.wordpress.com/2012/12/06/market-positioning/amp/
Comments
Post a Comment