KASUS KONSEP PEMASARAN GLOBAL “Strategi pemasaran global yang diterapkan oleh Lenovo dalam dunia pemasarannya, sehingga produk yang dihasilkannya bisa menembus pasar dunia sehingga bisa melambungkan nama Sosro kekanca internasional"
I.
Pendahuluan
Era globalisasi dan liberalisasi perdagangan mewarnai
milenium baru ( abad 21 ). Beberapa perubahan telah, sedang, dan bakal terjadi.
Bahkan dapat dikatakan bahwa tidak ada yang tidak berubah, kecuali perubahan
itu sendiri ( change becomes
constant ). Adanya kemajuan dalam berbagai bidang,
seperti bidang ilmu pengetahuan, telekomunikasi, teknologi informasi, jaringan
transportasi, dan sektor-sektor kehidupan lainnya menyebabkan arus informasi
semakin mudah dan lancar mengalir antar individu dan/atau kelompok. Dunia sudah
terasa ibarat sebuah dusun global (global village). Batas-batas
geografis maupun negara sudah tidak lagi signifikan. Akibatnya konsumen semakin
terdidik, banyak menuntut, dan memilki posisi tawar menawar (bergaining
position) yang semakin kuat. Kebutuhan dan keinginan mereka berkembang
semakin kompleks. Misalnya saja, konsumen masa kini tidak lagi bisa dipuaskan
dengan sekedar menyajikan “ trade off “ antara harga dan
kelualitas produk. Mereka menuntut enam hal sekaligus yaitu : Produk
berkualitas tinggi (high quality), Harga yang wajar (fair price),
Penyerahan produk yang cepat (fast delivery), Layanan khusus (special
services), Produk yang memiliki tingkat fleksibelitas tinggi (high
flexibility), dan Akrab dengan pemakai (user friendly).
Pada masa sekarang ini, seiring dengan kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi, pertumbuhan dan perkembangan perekonomian telah
memasuki era globalisasi. Hal ini menyebabkan kompetisi dalam dunia bisnis
menjadi semakin tajam. Konsumen yang merupakan orientasi dalam suatu bisnis
merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan ini. Apalagi konsumen pun
semakin kritis dalam memilih suatu produk atau jasa yang hendak dibeli.
Untuk mengimbangi perekonomian global yang cepat berubah
ini setiap pelaku bisnis dituntut untuk dapat meningkatkan daya saing dengan
para pesaing-pesaingnya, baik itu pelaku bisnis yang menawarkan produk, jasa
atau campuran antara produk dan jasa. Dewasa ini salah satu jenis industri yang
mengalami perkembangan industri yaitu Industri Telekomunikasi yang
menawarkan produk-produk yang sangat menunjang dalam kemudahan hidup
manusia sekarang. Hal ini dapat dilihat dari semakin beragamnya jenis alat
telekomunikasi seperti, Handphone,
Smartphone, Laptop, Notebook, Tablet. Yang diproduksi oleh berbagai
produsen seperti Asus, Samsung, Toshiba, Lenovo dan lain sebagainya
Perusahaan Lenovo merupakan salah satu produsen dari
alat-alat telekomunikasi, lenovo telah memproduksi berbagai macam alat
telekomunikasi seperti: Laptop, Notebook, Smartphone yang terjangkau oleh semua
lapisan masyrakat. Selain itu, perusahaan perlu mengetahuisampai sejauh mana
kondisi persaingan industri serta analisis lingkunganyangmempengaruhidalam
industri minuman ringan. Selanjutnya perusahaan perlu melakukan evaluasi
kembali mengenai strategi pemasaran perusahaan yang telah di terapkan selama
ini, apakah telah sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal
perusahaan yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.
Setelah melakukan evaluasi kembali mengenai strategi
pemasaran, perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih disesuaikan
dengan kondisi lingkungan perusahaan, sehingga dalam aplikasinya dapat berjalan
secara efektif dan efesien. Melalui strategi pemasaran yang efektif dan efesien
diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan produk PC+ Lenovo untuk meraih
keuntungan yang optimal.
Masalah perencanaan Strategi Pemasaran merupakan
persoalan yang sangat penting karena sebagian besar perputaran modal dan
kemajuan perusahaan terjadi dibagian ini. Untuk mengatasi masalah tersebut,
dibutuhkan suatu Penyusunan Strategi Pemasaran yang baik dan terarah sesuai
dengan situasi dan kondisi perusahaan yang ada sekarang ini dan situasi
lingkungan bisnis dewasa ini. Apalagi di era globalisasi sekarang ini,
persaingan tidak dapat dihindarkan lagi, tidak hanya datang dari dalam negara
itu sendiri, tetapi juga dari perusahaan pesaing dari seluruh negara diduinia
ini, karena dengan adanya kebebasan dalam dunia pasar. Hal ini sangat perlu
dianalisis dan antisipasi bagi perusahaan, terutama dalam kasus ini yaitu,
Lenovo perlu mengatur strategi yang baik agar terjamin kelangsungan dari
perusahaan dan, agar para pesaing yg dalam bentuk usaha yang sama maupun
berbeda tidak dapat menggeser kedudukan yang sekarang ini telah menjadi milik
dari Lenovo sendiri.
Berdasarkan latar belakang
masalah tersebut saya memilih kasus konsep pemasaran global dengan judul : Strategi
pemasaran global yang diterapkan oleh Lenovo dalam dunia pemasarannya, sehingga
produk yang dihasilkannya bisa menembus pasar dunia sehingga bisa melambungkan
nama Sosro kekanca internasional”.
Analisa
Kasus Pemasaran global Lenovo
Profil perusahaan Lenovo
Lenovo muncul sebagai hasil
dari penggabungan dua perusahaan yang paling bertingkat dalam teknologi dan
bisnis: Legenda Holdings di Cina dan Pribadi Divisi Komputasi IBM di Amerika
Serikat. Merger ini dianggap sebagai peristiwa DAS dalam bisnis global dengan
potensi untuk mengintegrasikan dua budaya yang berbeda, bahasa, proses dan
pasar. Akibatnya, Lenovo mewujudkan kemungkinan pasar yang unik dalam menggabungkan
yang terbaik dari Timur dan Barat – bergabung Amerika Utara dan Cina berbasis
teknologi pemain dalam penciptaan pemimpin PC bersatu global dengan posisi
pasar yang berkembang di pasar negara maju dan berkembang sama. Dengan lebih
dari $ 16 miliar dalam pendapatan tahunan, kekuatan pasar Lenovo mencakup
geografi pasar tidak hanya tetapi juga konsumen dunia dan pasar bisnis PC.Seorang
Pemimpin Seluruh Dunia. Lenovo adalah salah satu pembuat terbesar di dunia
komputer pribadi dan membuat PC dunia yang paling inovatif, termasuk notebook ®
terkenal ThinkPad serta produk membawa ® ThinkCentre, ThinkStation ®,
ThinkServer ®, IdeaCentre ® dan ® IdeaPad sub-merek.Hari ini, Lenovo adalah
perusahaan global dengan operasi yang signifikan di enam benua dan beroperasi
di lebih dari 60 negara dan menjual produk di 160. Semua orang di Lenovo bangga
pada kemampuan kami untuk menarik bakat terbaik dari berbagai latar belakang
dan dari seluruh dunia. Kami melihat perbedaan dan keberagaman sebagai sumber
kekuatan dalam membangun budaya kolaboratif yang membantu kita mencapai tujuan
kita. Kami tidak memiliki kantor pusat dunia dan, sebaliknya, telah menempatkan
struktur manajemen terdistribusi yang menempatkan hub operasional di
pusat-pusat keunggulan di seluruh dunia mengintegrasikan kelompok ini, beragam
berbakat menjadi perusahaan Generasi Berikutnya kohesif. Tim manajemen
multikultural kami bebas untuk mengadakan dimanapun dan kapanpun itu yang
paling masuk akal. Lenovo telah hub operasi di Beijing, Raleigh, NC, dan Paris,
sebuah hub pemasaran di Bangalore, India, dan pusat-pusat penelitian utama di
Yokohama, Jepang, Beijing, Shanghai dan Shenzhen, Cina, dan Raleigh, North
Carolina.
Kasus Pemasaran Global Lenovo
Lembaga riset IDC belum
lama ini mengungkapkan lima vendor yang mampu berbicara banyak di dunia dalam
pengapalan smart connected device.Smart connected device adalah perangkat yang
banyak digunakan untuk terkoneksi ke internet. Perangkat yang masuk kategori
ini adalah komputer desktop, notebook, netbook, tablet, dan smartphone.
Posisi Lenovo berada di
nomor tiga untuk pengapalan produk ini dengan menguasai 6,5% pangsa pasar. Di
pasar global, Lenovo kuat di notebook dan netbook dimana mengapalkan 30
juta unit selama 2012.
Produk smartphone dari
pabrikan ini juga mengalami pertumbuhan yang tinggi dari menjual sebanyak 3,7
juta unit pada 2011 menjadi 23,7 juta unit di 2012. Di Indonesia, Lenovo
belum bermain lama di pasar smartphone. Pabrikan ini baru masuk di semester
II-2012.
Lenovo bekerja sama dengan
PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) untuk memasarkan smartphone varian S880 pada
awalnya. Trikomsel juga menggandeng anak usahanya PT Global
Teleshop Tbk (GLOB).
Sekarang, 50% dari gerai
ritel Trikomsel,yakni OkeShop dan Global Teleshop yang berjumlah lebih 1.200
gerai sudah menjual produk smartphone Lenovo. Pada Oktober 2012 silam mereka
sudah merilis lima varian smartphone berbasis Android di pasar Indonesia dengan
harga kompetitif, mulai Rp1 jutaan hingga yang termahal Rp4,4 jutaan. Selama
periode Oktober-Desember 2012, lebih dari 100 ribu unit smartphone
dikapalkan ke pasar Indonesia.
·
Sudah dikenal
Presiden Direktur Lenovo
Indonesia Sandy Lumy mengungkapkan, cepatnya pasar Indonesia merespons produk
besutannya tak bisa dilepaskan dari familiarnya merek Lenovo di telinga
masyarakat.
“Kami tidak mulai dari nol,
merek Lenovo sudah sangat populer lewat produk komputer, seperti laptop,
desktop PC, bahkan netbook. Ini menjadi kekuatan karena pembeli sudah
sangat yakin dengan kualitas Lenovo. Karena itu, mereka tidak ragu untuk
membeli produk smartphone Lenovo,” ujarnya.
II.
Landasan
Teori
Pemasaran global adalah
proses menfokuskan sumber daya (manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan
dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ncaman
pasar global. Pasar demikian biasanya tercipta karena adanya konsumen yang
lebih menyukai produk standar , harga murah, dan karena adanya perusahaan
global yang memanfaatkan jaringan operasi dunia mereka untuk bersaing
dipasar-pasar global.
Dimensi-dimensi
utama dalam pemasaran global:
1.
Lingkungan pemasaran global
2.
Segmentasi pasar global
3.
Pemasaran dengan sasaran global
4.
Merumuskan strategi dan rencana pemasaran
global
5.
Bauran pemasaran global
6.
Mengelola dan memimpin usaha pemasaran
global.
Sementara itu, defenisi
yang lebih luas dikemukakan oleh Giddens (1999) yang merumuskan globalisasi
sebagai “interkoneksi sedunia pada level kultural, politik dan ekonomi yang
dihasilkan dari eliminasi hambatan-hamabatan komunikasi dan perdagangan”.
Dengan kata lain, Giddens meyakini bahwa globalisasi merupakan proses
konvengensi aspek-aspek budaya, politik, dan ekonomi dalam kehidupan.
Dalam konteks globalisasi,
intensitas dan lingkup kompetisi sangat kompetitif dan luas. Pesaing yang
dihadapi sebuah perusahaan tidak lagi datang dari kawasan atau wilayah
geografis setempat. Tetapi raksasa global dari mancanegara hadir untuk saling
berebut pasar, sebagian industri mengalami globalisasi yang dipicu oleh 4
faktor utama yang disebut 4C : Customers, Cost, Country, dan Competition (Yip,
1995).
·
Faktor pelanggan ( customers drivers
)
Faktor ini merupakan pemicu
globalisasi pasar yang paling kuat. Ada lima karakteristik utama pasar
internasional yang menyebabkan perusahaan-perusahaan berminat menerapkan
strategi pemasaran global :
1.
Kesamaan kebutuhan konsumen.
2.
Pelanggan global.
3.
Saluran distribusi global.
4.
Tranferable marketing.
5.
Leadign markets.
·
Faktor biaya (cost drivers)
Faktor biaya tergantung
pada aspek ekonomi dunia bisnis, seperti sakala ekonomis (economies of scale),
lingkup ekonomis (economies of scope) dan sourcing advantages.
Sakala ekonomis berupa pengurangan biaya perunit (unit cost) bisa
diperoleh melalui upaya memasok lebih dari satu pasar luar negeri.
·
Faktor negara (country drivers)
Dimasa lampau, hambatan
pemerintah terhadap masuknya invesatasi dan perusahaan asing berdampak pada
terproteksinya pasar domestik dan tidak berkembangnya pemasaran global.
Perkembangan terakhir menunjukan adanya trend kearah perdagangan bebas yang
memfasilitasi aktivitas pemasaran global.
·
Faktor persaingan (competition drivers)
Dalam sejumlah industri,
keberhasilan pesaing yang melakukan “go global” bisa menjadi pendorong
kuat bagi perusahaan lain untuk mengikutinya.
·
Faktor-faktor lain
Faktor 4C dari George S.
Yip bisa dtambah dengan 3C lain yang tak kalah pentingnya sebagai pemicu
globalisasi industri :
–
Comunication technology advancement, yakni revolusi dalam teknologi
informasi dan komunikasi.
– Capital, yakni
menyangkut globalisasi pasar-pasar finansial.
– Chain
(network), terutama penyempurnaan dalam bisnis travel.
1.PEMASARAN
Dasar dari keberhasilan
program pemasaran global adalah pemahaman yang mendalam akan disiplin
pemasaran. Pemasaran adalah proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya dan
sasaran dari sebuah organisasi pada kesempatan dan kebutuhan lingkungan.
1. Konsep
Pemasaran
Konsep baru pemasaran dan Empat ”P” . Product, Price,
Place, and Promotion.
2. Konsep
Strategis Pemasaran
Konsep strategis pemasaran
merupakan suatu perkembangan yang besar dalam sejarah pemikiran pemasaran,
mengubah fokus pemasaran dari pelanggan atau produk ke pelanggan dalam konteks
lingkungan eksternal yang lebih luas.
Tiga
Prinsip Pemasaran
Inti
dari pemasaran dapat diringkas dalam 3 prinsip dasar :
1.
mengidentifikasikan tujuan dan tugas
pemasaran
2.
kenyataan persaingan dari pemasaran
Berbargai cara utama untuk mencapai 2
prinsip utama
1.
Tahap-Tahap dari Pemasaran Domestik Ke
Pemasaran Global/Transnasional
1.
Pemasaran Domestik
Pemasaran
yang secara nyata ditunjukkan pada pasar dalam negeri disebut pemasaran
domestik.Orientasi mereka adalah bersifat “ETHNO CENTRIC”, yaitu bahwa sifat
pasar atau Konsumen dimanapun akan sama , sehingga manajemen memandang pasar
Domestik padat dengan peluang yang jauh lebih aman.
2.
PemasaranEkspor
Adalah
tahap pertama untuk menanggapi kesempatan pasar di luar negeri. Pemasar ekspor
menjadikan pasar di luar negeri sebagai sasaran dan menggantungkan diri pada
produksi dalan negeri untuk memasok pasar ini. Fokus dalam tahap ini
adalahmenafaatkan produk dan pengalaman dalam negeri.
3.
Pemasaran Internasional
Bertindak
lebih jauh lagi dari pemasara ekspor dan menjadi lebih terlibat dalam
lingkungan pemasaran dalam negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.
4.
Pemasaran Multinasional
Organisai pemasaran
internasional mulai dengan menfokuskan pada memanfaatkan pengalaman dan produk
perusahaan.
5.
Pemasaran Global / Transnasional
Menfokuskan pada
pemanfaatan asset, pengalaman dan produk perusahaan secara global dan pada
melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalan setiap
negara. Konsep ini mengakui budaya universal dan perbedaan pasar yang unik.
Segmentasi,
Targeting, Positioning dan Branding Global
Strategi utama dalam
pemasaran global berkenaan dengan proses segmentasi, penetapan pasar sasaran,
dan positioning produk sedemikian rupa, sehingga produk perusahaan
dipersepsikan unik dan unggul dibandingkan produk para pesaing. Selain itu,
penentuan merek global juga merupakan keputusan kritis yang dalam banyak kasus
berpengaruh pada kesuksesan perusahaan global dalam jangka panjang.
1.
Segmentasi Global
Segmentasi pasar adalah
proses memilah suatu pasar kedalam berbagai kelompok pelanggan yang berperilaku
sama atau memiliki kebutuhan serupa. Setiap kelompok bisa dipilih sebagai pasar
sasaran untuk dilayani dengan strategi pemasaran tersendiri. Proses ini bermula
dari penentuan basis segmentasi, yaitu factor produk spesifik yang
merefleksikan perbedaan – perbedaan dalam tuntutan pelanggan atau daya tanggap
terhadap variable pemasaran.
2. Global Targeting
Global
targeting merupakan proses mengevaluasi dan membandingkan beragai segmen pasar
global, serta memilih satu atau lebih di antaranya sebagai pasar sasaran yang
dinilai berpotensi paling besar untuk dilayani secara efektif dan efisien.
Perusahaan selanjutnya akan merancang bauran pemasaran sedemikian rupa,
sehingga bisa mewujudkan Return Of Sales (ROS) terbaik bagi perusahaan dan
sekaligus menciptakan nilai maksimum kepada para pelanggan.
3.
Global Positioning
Pada
prinsipnya, positioning merupakan usaha untuk menempatkan produk dalam benak
pelanggan sedemikian rupa, sehingga memperoleh posisi yang unik dan unggul
dibandingkan produk pesaing. Posisi yang unik dan unggul ini didapatkan dari
berbagai diferensiasi seperti : produk, layanan, personil, saluran distribusi
dan citra.
4.
Global Branding
Seperti
halnya dengan positioning, isi pokok dalam global branding menyangkut standardisasi versus adaptasi. Penggunaan satu
merek global tidak mungkin dilakukan jika :
1.
Namanya sudah digunakan oleh perusahaan lain
2.
Nama yang dipakai bisa memiliki konotasi
budaya yang berbeda.
3.
Ada tuntutan untuk menerjemahkan nama merek
kedalam bahasa lokal.
STRATEGI
MEMASUKI PASAR GLOBAL
1.
Melakukan Ekspor-Impor
2.
Membuka kantor perwakilan atau cabang
3.
Mengeluarkan lisensi asing/kontrak manufaktur
dan alih teknologi.
4.
Melakukan Franchising
5.
Membuka Usaha Patungan atau Joint Venture
6.
Melakukan Akuisisi Perusahaan Lain
III.
Analisis
Menurut saya empat hal yang menjadi
kunci sukses Lenovo bermain di pasar smartphone China. Pertama adalah brand
recognition Lenovo sendiri yang sangat baik di China. Kedua distribusi
menyeluruh. Ketiga portofolio produk yang lengkap, serta keempat keterjangkauan
harga produk. Keempat kunci sukses itu pula yang ternyata menjadi strategi
utama Lenovo Mobile Indonesia untuk melakukan penetrasi di pasar lokal, yang
sedikit banyak memiliki kesamaan dengan pasar China. Sedangkan dari sisi
produk, Lenovo dengan pintar bermain di phablet yang memiliki harga terjangkau.
Hal itu terbukti dengan tingginya penjualan model Lenovo Mobile Indonesia yang
memiliki ukuran layar 5 inci,yakni S880. Permintaan terhadap S550 mencapai 50%
dari total penjualan Lenovo Mobile di Indonesia. S880 memiliki layar 5
inci, OS Android ICS, dualSIM, prosesor 1 GHz,baterai 2250 mAh, dan mampu
menerima 5 titik sentuhan sekaligus. Lenovo juga terus menambah varian
produknya. Belum lama ini lima varian baru dilepas ke pasar yakni Lenovo
S890,S720,P770, A800,dan A690.
IV.
Referensi
Buku :
Giddens, Anthony. 1999.
Jalan Ketiga: Pembaharuan Demokrasi Sosial, terjemahan Ketut Arya. Jakarta : PT
Gramedia Pustaka Utama.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, (2008). Manajemen
Pemasaran Edisi Tiga Belas .Jakarta : Erlangga.
Yip,G.S.
1995. Total Global Strategy. Englewood Cliffs, NJ : Prentice Hall
Link :
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama rany asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
ReplyDelete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000